Seminar Nasional

SEMINAR NASIONAL TAHUNAN
HASIL PENELITIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN

Latar Belakang
Sektor perikanan dan kelautan memberikan kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (BDP), penyediaan lapangan kerja, menghasilkan produk unggulan, menopang ketahanan pangan nasional. Sektor ini diharapkan menjadi prime mover perekonomian nasional, sumbangan sektor Perikanan dan Kelautan terhadap PDB mencapai 2,2%, akan tetapi apabila semua kegiatan yang terkait dimasukkan dalam sektor perikanan sumbangan terhadap PDB nasional mencapai 9%.
Pentingnya sektor Perikanan dan Kelautan dalam perekonomian nasional ke depan sangat tergantung pada penelitian dan pengembangan IPTEK baik yang bersifat dasar, strategis, terapan dan adaptif didukung agribisnis, penyuluhan dan kelembagaan yang kuat. Kegiatan Seminar Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ini bertujuan menginventarisasi penelitian-penelitian yang telah dilakukan (state of the art), mengetahui teknologi yang telah dihasilkan, juga sebagai ajang temu ilmiah para peneliti bidang Perikanan dan Kelautan Indonesia.

Ruang Lingkup
Seminar ini akan diikuti oleh para peneliti dari lingkungan perguruan tinggi, lembaga-lembaga penelitian, perusahaan-perusahaan (BUMN dan swasta), pengambil kebijakan, mahasiswa dan masyarakat pengguna teknologi di bidang Perikanan dan Kelautan. Hasil penelitian yang dapat dipresentasikan mencakup bidang budidaya perikanan, pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan, penangkapan, teknologi pengolahan hasil perikanan/pascapanen, ilmu kelautan, agribisnis perikanan, penyuluhan dan pengembangan kelembagaan.

Seminar Nasional Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan tahun 2005 diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2005. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan setiap tahun pada akhir Juli atau awal Agustus.
Tempat :  Jurusan Perikanan dan Kelautan,
              Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada,
              Jl. Flora Gedung A-4 (Perikanan dan Kelautan) Bulaksumur,
              Yogyakarta. 55281.

Peserta : Tahun 2005 (Lebih dari 250 peserta)
o Peneliti di lingkungan Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan dan Perikanan (Badan Riset Perikanan Laut, Badan Riset Perikanan Tangkap, BBL Lampung, BBRPBL Gondol, Bali, BRPPU Palembang, BRPBAP Maros, BRPBAT Bogor, IRHIBAT Depok, LRPSI Jatiluhur, Loka Budidaya Laut Batam, Lka Budidaya Laut Lombok, LRPTBPAT Sukamandi, BBAT Sukabumi, LRPP Sukamandi, Pusat Karantina, BPPMHP, ).
o Perguruan Tingi Negeri maupun Swasta (IPB, Universitas Diponegoro,UGM, Universitas Pattimura, Universitas Riau, Unsoed Purwokerto, UNY, Universitas Hassanudin, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Lambung Mangkurat, Unitomo Surabaya, Universitas Mataran, Universitas Nusa Cendana, ITS Surabaya, Universitas Djuanda dll).
o Lembaga Penelitian, Swasta, dll (MII, Coremap LIPI, LON LIPI, MII, BPTP, Puslit Biologi LIPI, BPPT, PT. Agasta Tunggal)

Panitia
Pelindung : Dekan Fakultas Pertanian UGM
Penanggungjawab : Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan
Ketua Panitia : Dr. Ir. Iwan Yusuf Bambang Lelana, M.Sc.
Sekretaris : Eko Setyobudi, S.Pi., M.Si.
Bendahara : Siti Ari Budhiyanti, STP., MP.

Seksi-seksi :
Naskah dan Publikasi : Dr. Ir. Alim Isnansetyo, M.Sc.
                               Dr. Ir. Murwantoko, M.Si.
                               Dr. Ir. Djumanto, M.Sc.
Persidangan             : Ir. Hery Saksono
                               Susilo Budi Priyono, S.Pi., M.Si.
Perlengkapan           : Soeparno, S.P., M.Si.
Sponshorship           : Amir Husni, S.Pi., M.P.
Konsumsi                 : Nurfitri Ekantari, S.Pi., M.P.
Kesekretariatan        : Riski Dyan Anggraeni, S.Pi.
                               Prihati Sih Nugraheni, S.Pi.
                               Toni Koeswoyo, S.Pi.

Galleri Foto

^ Kembali ke Atas