SILABUS MATA KULIAH KEJURUAN
    PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN


  1. Dasar-Dasar Penangkapan Ikan (PIM 221, 2/0)

  2. Uraian mengenai ruang lingkup, klasifikasi dan pengenalan, teknik pembuatan  dan perbaikan alat tangkap. Pengenalan alat bantu  dan daerah penangkapan, jenis dan perilaku populasi ikan, teknik  dan cara penangkapan dengan berbagai jenis alat tangkap.
     
  3. Pengantar Sosial Ekonomi Perikanan (PIM 231, 2/0)

  4. Pengertian  dan ruang lingkup. Ciri-ciri umum masyarakat  nelayan dan  petani  ikan.  Kelembagaan, stratifikasi,  organisasi   dan perubahan sosial ekonomi nelayan dan petani ikan. Perairan/tanah, modal, tenaga  kerja dalam produksi  perikanan.  Permintaan  dan pemasaran   atas  hasil  perikanan.  persoalan-persoalan   sosial ekonomi perikanan dan penelitian sosial ekonomi perikanan.
     
  5. Ekologi Perairan (PIM 311, 2/1)

  6. Asas  dan pengertian ekologi, ekosistem, faktor-faktor  pembatas, daur ulang biogeokimia, aliran energi, peubah populasi dan  komunitas,  proses  suksesi dan penerapan ekologi  dalam  pengelolaan lingkungan perairan.
     
  7. Limnologi (PIM 312, 2/1)

  8. Uraian mengenai ruang lingkup; sifat fisika, kimia dan biota  air pada  perairan tawar, serta hubungan antara  faktor-faktor  fisis dan  kimiawi terhadap kehidupan di perairan tawar. Secara  khusus membahas morfologi perairan tawar; peran cahaya, distribusi suhu, oksigen  terlarut, karbon dioksida, dan pH terhadap kehidupan  di perairan tawar.
     
  9. Pengantar Oseanografi (PIM 313, 2/1)

  10. Batasan  dan  ruang lingkup oseanografi;  uraian  mengenai  sifat fisika, kimia (salinitas, unsur makro dan mikro, kandungan  bahan organik)  dan biota air laut (plankton, ikan dan non ikan)  serta hubungan  antara faktor-faktor fisis dan kimiawi  terhadap  kehidupan di perairan laut. Secara khusus membahas morfologi perairan laut,  arus, gelombang, pasang, distribusi suhu, O 2, CO2-  dan  pH air terhadap kehidupan di laut.
     
  11. Ekologi Laut Tropik (PIM 314, 2/1)

  12. Penerapan  konsep  dan  prinsip ekologi  dan  kekhasan  topografi perairan   laut  tropik.  Interaksi  antara berbagai   struktur masyarakat biota dengan lingkungannya di laut. Studi perbandingan berbagai tipe dan ciri ekosistem bahari dan perkembangannya.
     
  13. Produktivitas Perairan (PIM 315, 2/1)

  14. Tipologi dan ontogenik ekosistem perairan. Produktivitas  ekosistem perairan. Produktivitas primer dan sekunder. Perkembangan dan dinamika  populasi  fitoplankton,  zooplankton  serta  zoobentos. Trophodinamik ekosistem perairan.
     
  15. Dinamika Populasi Ikan (PIM 316, 2/1)

  16. Konsep,  batasan  serta  indentifikasi populasi  dan  stok  serta parameter peubahnya. Pendugaan parameter pertumbuhan, rekruitmen, mortalitas  alami dan penangkapan. Metode pendugaan  stok,  kurva seleksi alat tangkap, surplus yield model, dinamik pool curve dan konsep pemanfaatan lestari.
     
  17. Pengendalian Pencemaran Perairan (PIM 317, 2/0)

  18. Pengertian  dan  ruang  lingkup  pencemaran,  sumber,  jenis  dan toksikologi bahan pencemar, dampak dan indikator pencemaran. Cara pengendalian dan perbaikan serta pemanfaatan sumberdaya  perairan tercemar untuk usaha perikanan.
     
  19. Praktikum Sosial Ekonomi Perikanan (PIM 332, 0/2)

  20. Mahasiswa  tinggal  dan hidup bersama nelayan/petani  ikan  untuk mempelajari  keadaan sosial-ekonomi mereka  secara  langsung, aktivitas  sosial-ekonomi nelayan/petani ikan, metode  penelitian sosial-masyarakat,  cara pengumpulan data  (wawancara),  analisis data dan cara pembuatan laporan/interprestasi.
     
  21. Ekonomi Sumberdaya Perikanan (PIM 333, 2/0)

  22. Pengertian  dan ruang lingkup. Penerapan pemikiran  ekonomi  pada sumberdaya  ikan, permasalahan konservasi,  optimasi  pemanfaatan sumberdaya  ikan  (MSY, MEY dan OSY). Analisis biaya  -  manfaat, resiko dan ketidakpastian.
     
  23. Pembangunan Perikanan (PIM 334, 2/0)

  24. Teori pembangunan perikanan, kedudukan sub sektor perikanan dalam pembangunan   nasional.   Strategi dan   kebijakan   pembangunan perikanan, peran negara, swasta dan masyarakat dalam  pembangunan perikanan.  Peraturan  perundangan dan institusi,  prasarana  dan arana  penunjang.  Kerjasama dan peran  perikanan  internasional dalam pembangunan perikanan di Indonesia.
     
  25. Pengolahan Data Perikanan (PIM 341, 2/0)

  26. Teknik  pengambilan,  pengolahan dan  penyajian  data  perikanan. Pengenalan  komputer dan sistem eksploitasinya. Penguasaan  paket program   pengolahan  kata  dan  data  base,  dan   contoh-contoh penerapannya di bidang perikanan. Pengenalan dan pemahaman bahasa basic  dan  fortran. Pembuatan  program-program  sederhana  untuk pengolahan data perikanan.
     
  27. Manajemen Sumberdaya Perikanan I (PIM 342, 3/0)

  28. Pengertian    dan   konsep   manajemen   sumberdaya    perikanan. Identifikasi  potensi  sumberdaya  ikan (ikan dan  non  ikan)  di perairan  tropis.  Aplikasi model-model  keseimbangan  hasil  dan pemijahan/peremajaan  dalam  pengelolaan  sumberdaya  ikan  serta telaah  statistik usaha penangkapan dalam estimasi dan  manajemen sumberdaya ikan.
     
  29. Teknik Penangkapan Ikan (PIM 422, 2/1)

  30. Pengertian  dan  ruang lingkup penangkapan ikan,  pengertian  dan cara pengoperasian alat, daerah penangkapan ikan, kapal ikan  dan pelabuhan   perikanan.  Cara  penanganan  dan  pendaratan   hasil
    tangkap,  cara  pemeliharaan alat  tangkap,  pengembangan  teknik penangkapan dan pemecahan permasalahan.
     
  31. Bahan dan Alat Penangkapan Ikan (PIM 423, 2/0)

  32. Pengertian tentang jenis, klasifikasi, dan karakteristik material, serat-serat  tekstil sebagai bahan jaring. Sistem  penomoran  dan konstruksi yarn, strands dan twine serta  perhitungan-perhitungan dan cara pengujian terhadap sifat-sifat fisik bahan jaring.  Cara pemeliharaan dan pengawetan bahan dan alat tangkap ikan.
     
  33. Tata Niaga Hasil Perikanan (PIM 435, 2/0)

  34. Dasar-dasar  pemasaran, meliputi konsep dasar, fungsi dan  proses pemasaran,  kelembagaan dan saluran pemasaran. Konsep  harga  dan biaya,  sifat  penawaran dan permintaan  hasil  perikanan.  Sifat pemasaran hasil  perikanan, kebijakan  dan  peranan  pemerintah, strategi perbaikan pemasaran, perdagangan antar negara.
     
  35. Ekonomi Perikanan (PIM 436, 2/0)

  36. Pengertian  fungsi produksi, substitusi sumberdaya  dan  hubungan antara  beberapa  faktor  produksi, skala  ekonomi  usaha  tani, pemilihan faktor produksi dan produksi. Resiko dan ketidakpastian dalam produksi perikanan. Pembentukan harga dalam berbagai  macam pasar.  Pengaruh pajak dan subsidi di pasar produksi  dan  faktor produksi serta efisiensi.
     
  37. Manajemen Sumberdaya Perairan (PIM 443, 2/1)

  38. Pengertian  dan  konsep manajemen sumberdaya  perairan.  Evaluasi potensi sumberdaya perairan dan kesesuaian habitat.  Pengendalian kesuburan,  restorasi dan rehabilitasi perairan. Manajemen  habitat,  pengendalian tanaman/gulma air, eksploitasi dan  konservasi sumberdaya perairan.
     
  39. Manajemen Sumberdaya Perikanan II (PIM 444, 2/1)

  40. Evaluasi potensi dan tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan. Prinsip pengendalian,  penataan  dan pengaturan  pemanfaatan  sumberdaya secara  rasional.  Optimasi  pemanfaatan  sumberdaya   perikanan. Aplikasi  manajemen pada populasi yang dieksploitasi dan  masalah konservasi.
     
  41. Konservasi Sumberdaya Perikanan (PIM 445, 2/1)

  42. Pengertian  dan  konsep konservasi, perencanaan  tata  ruang  dan pengelolaan sumberdaya perikanan diperairan tawar, daerah pesisir dan  laut dalam kaitannya dengan tujuan perlindungan  dan  pelestarian. Tingkah laku dan strategi adaptasi demografi  sumberdaya perikanan serta prinsip pengelolaan konservasi.

    Kembali