SILABUS MATA KULIAH KEJURUAN
    PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN


  1. Dasar-Dasar Budidaya Perairan (PIB 211, 2/0)

  2. Pengertian dan ruang lingkup budidaya perairan, pemilihan  lokasi budidaya  dan  persyaratan  budidaya  perairan.  Pemilihan  jenis binatang  dan  tumbuhan  air  yang  dibudidayakan  serta  prospek pengembangan budidaya.
     
  3. Avertebrata Air (PIB 251, 2/1)

  4. Klasifikasi, struktur dan fungsi organ, siklus hidup  avertebrata air, serta kaitannya dengan ekosistem perairan dan pemanfaatannya dalam perikanan.
     
  5. Iktiologi (PIB 252, 3/1)

  6. Struktur  dan fungsi organ, sistematika dan ekobiologi ikan  yang berkaitan dengan kehidupannya, kemampuan adaptasi pada  ekosistem perairan, serta tingkah laku (penyebaran dan reproduksi) ikan.
     
  7. Fisiologi Hewan Air (PIB 253, 2/1)

  8. Batasan   dan   ruang  lingkup  fisiologi,  fisiologi   sel   dan metabolisme.  Homeostatik,  sirkulasi,  respirasi,   pencernakan, osmoregulasi, reproduksi, bioenergetika dan hormon.
     
  9. Biologi Laut (PIB 254, 2/1)

  10. Taksonomi  dan  distribusi  biota dalam  berbagai  ekotipe  laut. Kekhasan  biota  ditiap ekotipe yang  berkaitan  dengan  kekhasan kondisi  ekologik.  Mekanisme  adaptasi  biota  terhadap  kondisi ekologik. Produktivitas primer ekosistem laut.
     
  11. Rekayasa Budidaya Perairan (PIB 312, 2/1)

  12. Mempelajari  kondisi  hidrotopografi  dan  tanah  bagi  keperluan rancang  bangun  perwadahan  dan sarana  budidaya  ikan.  Survai, pemetaan,  tata ruang, tata air dan konstruksi wadah  serta  alat bantu untuk budidaya perairan.
     
  13. Manajemen Kualitas Air (PIB 313, 2/1)

  14. Kriteria  kualitas  air untuk budidaya dan kehidupan  biota  air. Dasar dan teknik pengelolaan kualitas air. Hubungan status  hara, plankton, tumbuhan dan kesuburan air. Pengelolaan tanah, sedimen dan  bahan  organik. Pemupukan, pengapuran  dan  pemberian  bahan pembenah  lain. Transformasi bahan organik dan kebutuhan  oksigen terlarut  (aerasi).  Pengelolaan  limbah  dan  bahan-bahan   yang bersifat racun terhadap biota air.
     
  15. Tanah dan Irigasi Perikanan (PIB 314, 2/0)

  16. Mempelajari  sifat-sifat umum tanah (fisika, kimia, biologi)  dan sifat-sifat tanah tergenang (hubungan tanah dan air). Jenis-jenis tanah,  sebaran  dan sifat pencirinya. Tata guna  dan  kesesuaian tanah  untuk perikanan (kolam, tambak dan  minapadi).  Topografi, infiltrasi  dan  aliran permukaan tanah. Siklus dan  sumber  air. Teknik pengelolaan air (irigasi dan drainase) untuk perikanan.
     
  17. Hama dan Parasit Ikan (PIB 321, 2/0)

  18. Batasan dan ruang lingkup hama dan parasit. Mengenal, mempelajari dan membahas karakteristik hama dan parasit ikan, terutama  hewan air,  protozoa,  jamur, cacing dan krustasea.  Proses  terjadinya penyakit  dan gejala yang ditimbulkan serta  dasar-dasar  pengendaliannya.
     
  19. Genetika dan Pemuliaan Ikan (PIB 341, 2/1)

  20. Pengertian dan ruang lingkup mengenai ilmu genetika sebagai dasar pemuliaan.  Peranan  pemuliaan ikan  dalam  peningkatan  produksi budidaya perairan dan produksi benih. Prinsip-prinsip dan  metode pemuliaan ikan, rekayasa dan konservasi gen.
     
  21. Manajemen Produksi Pembenihan Ikan (PIB 342, 2/1)

  22. Perancangan  proses produksi dan pemilihan  teknologi  pembenihan ikan air tawar, payau dan laut. Pemilihan lokasi, bahan dan  alat untuk  panti  pembenihan. Intensitas  penggunaan  dan  penyediaan sarana  produksi,  penjadwalan  dan  pengawasan  serta   evaluasi penerapan teknologi dalam proses produksi benih ikan.
     
  23. Biologi Perikanan (PIB 355, 2/1)

  24. Dinamika  daur  hidup  ikan  mulai  dari  telur  sampai   dewasa. Reproduksi, perilaku dan jenis makanan serta pertumbuhan ikan.
     
  25. Budidaya Perairan Tawar (PIB 415, 2/1)

  26. Mempelajari  berbagai  sistem  dan  teknologi  pembesaran   jasad perairan   tawar.  Teknik  dan pengelolaan  budidaya,   budidaya binatang  dan tumbuhan air, budidaya ikan terpadu  dan  pengadaan benih. Perencanaan produksi, organisasi, pengendalian dan evaluasi  proses  produksi budidaya perairan tawar,  per-masalahan  dan prospek pengembangannya.
     
  27. Budidaya Perairan Payau (PIB 416, 2/1)

  28. Mempelajari  berbagai sistem Budidaya (tambak dan  sawah  tambak) dan  teknologi  pembesaran  jasad  perairan  payau.  Teknik   dan pengelolaan budidaya perairan payau antara lain budidaya tunggal, budidaya campuran, biofilter, pergiliran budidaya, budidaya lagun dan  pengadaan benih. Perencanaan produksi, organisasi,  pengendalian  dan  evaluasi proses produksi  budidaya  perairan  payau, permasalahan dan prospek pengembangannya.
     
  29. Budidaya Perairan Laut (PIB 417, 1/1)

  30. Mempelajari  berbagai  sistem  dan  teknologi  pembesaran   jasad perairan  laut. Pemilihan komoditas dan lokasi  budidaya,  teknik dan   pengelolaan,  budidaya  binatang  dan  tumbuhan  air,   sea ranching. Pengadaan dan penanganan benih. Perencanaan  produksi, organisasi,  pengendalian dan evaluasi proses  produksi  budidaya perairan laut, permasalahan dan prospek pengembangannya.
     
  31. Teknik Distribusi Ikan Hidup (PIB 418, 1/1)

  32. Mempelajari berbagai sistem dan teknologi distribusi ikan  hidup. Rancang  bangun  dan pemilihan bahan  sarana  distribusi.  Teknik pengemasan dan pengangkutan ikan hidup.
     
  33. Penyakit Ikan (PIB 422, 2/1)

  34. Batasan  dan ruang lingkup penyakit ikan oleh patogen.  Mengenal, mempelajari  dan membahas karakteristik patogen terutama  bakteri dan virus. Proses terjadinya penyakit dan gejala yang ditimbulkan oleh   bakteri,  virus  dan  non  organisme   serta   dasar-dasar pengendaliannya.
     
  35. Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan (PIB 423, 1/1)

  36. Batasan  dan ruang lingkup pengendalian hama dan  penyakit  ikan. Mengenal,  mempelajari dan membahas proses terjadinya daya  tahan tubuh  ikan,  teknik  diagnosis dan  pengendalian  penyakit  yang meliputi pencegahan, penyembuhan dan pemberantasan.
     
  37. Manajemen Pemberian Pakan Ikan (PIB 431, 2/1)

  38. Dasar-dasar  teknologi pemberian pakan ikan  (bentuk,  distribusi pakan, tingkat pemberian, frekuensi, waktu, tempat dan  prasarana pemberian  pakan), dikaitkan dengan pengaruh terpadu  jenis  ikan budidaya, kualitas  media  budidaya dan  jenis  biotik  budidaya perairan.
     
  39. Teknik Pembuatan Pakan Ikan (PIB 432, 1/1)

  40. Pengertian  dan  konsep  pakan  ikan,  nutrisi  pakan  ikan  yang meliputi : protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral dalam kaitannya   dengan  anatomi  fisiologi  alat  pencernakan   serta metabolisme ikan. Dasar-dasar teknologi pemberian pakan ikan yang mencakup   perencanaan,  distribusi  pakan, tingkat pemberian, frekuensi,  waktu,  tingkat dan prasarana pemberian  pakan  serta kaitannya  dengan  jenis ikan budidaya,  teknik  budidaya  maupun kualitas lingkungan budidaya. Evaluasi manfaat pemberian pakan.
     
  41. Budidaya Pakan Alami (PIB 433, 2/1)

  42. Uraian  ruang  lingkup,  sifat dan jenis  pakan  alami,  menelaah teknik produksi pakan alami, permasalahan dan peranan bagi  usaha perikanan. Cara-cara pemberian pakan alami pada ikan budidaya.
     
  43. Teknik Pengembangbiakan Ikan (PIB 443, 1/1)

  44. Spermatogenesis,  vitelogenesis, fertilisasi  dan  embriogenesis. Peranan hormon dan lingkungan pada pengembangbiakan ikan.  Teknik pengembangbiakan induk, pemijahan, inkubasi telur dan  penanganan dan pemeliharaan larva/benih ikan.
     
  45. Plankton dan Tumbuhan Air (PIB 456, 2/1)

  46. Struktur dan peranan plankton serta tumbuhan air dalam sumberdaya perairan. Klasifikasi, distribusi, adaptasi dan suksesi plankton, perifiton,  protozoa, bakteri dan tumbuhan air.  Metode  analisis komposisi biotik sumberdaya perairan.

    Kembali