Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

PELUNCURAN PETANI BINAAN MERBABU

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
13
Okt
2016

 

Fakultas Pertanian UGM, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Tengah dan PT. HERO Tbk pada tanggal 20 September 2016 bersama-sama meluncurkan produk petani binaan MERBABU. Launching produk-produk hasil petani binaan ini dilangsungkan di dua tempat. Pada pagi hari Merbabu diluncurkan pada pembukaan UGM Expo di Grha Sabha Permana UGM lantai 2 oleh Rektor UGM bersamaan dengan penandatanganan Piagam Kerjasama antara Univesitas Gadjah Mada dengan PT Hero, TBK yang diwakili oleh Direktur Corporate Affairs Bapak Arief Istanto.

Siang harinya, peluncuran Merbabau berlangsung di Dusun Jarakan, Gondangsari, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, oleh  Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh melalui Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Tengah, Ir. Suryo Banendro, MP. Gubernur Jateng menyambut baik peluncuran produk-produk petani binaan MERBABU karena  produk-produk yang dihasilkan telah berhasil menembus gerai-gerai toko besar seperti  HERO Group (termasuk Giant).


Dengan keberhasilan ini diharapkan semua pihak tidak cepat berpuas diri. Sebab, jika pembinaan saat ini fokus di wilayah Ngablak dan Pakis, Magelang, maka sasaran berikutnya diharapkan lebih diperluas.
Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D., yang hadir mewakili Rektor mengatakan untuk menghasilkan produk yang baik saja tidak cukup karena masih diperlukan langkah-langkah pemasaran. Memproduksi barang, kata Irfan, jauh lebih mudah dibanding menjual barangnya.  Hal itulah yang kemudian melandasi kerja sama PT. HERO Tbk, Fakultas Pertanian UGM dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Tengah. Ketiganya sepakat melakukan pembinaan sekaligus memasarkan produk-produk pertanian.

Arif Istanto, Director Corporate Affair, Industrial Relation and Risk Management PT. Hero Supermarket Tbk.,  menambahkan sektor pertanian di Kabupaten Magelang memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan. Karena itu, PT Hero Supermaket menyambut baik program pembinaan petani oleh Fakultas Pertanian UGM dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Tengah.

Sementara itu, Dr. Ir. Sri Nuryani Hidayah Utami, MP., M.Sc, Wakil Dekan Fakultas Pertanian UGM., menjelaskan pembinaan dilakukan mulai dari penanaman dengan melibatkan 20 kelompok tani. Pihak PT. Hero Supermarket memberikan bantuan berupa alat-alat seperti wrapping, meja stainless dan juga penanganan pascapanen.

Launching produk pertanian MERBABU ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Tengah. Selain itu, dilaksanakan pula penandatanganan kerja sama antara UGM, PT. Hero Supermarket dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Tengah serta pemberian kredit untuk petani dari Bank Jateng

 

RILIS BERITA