Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

PELATIHAN PROFESIONALISME DAN LEADERSHIP

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
30
Sep
2016

 

Latar belakang


Indonesia sebagai negara agraris sudah semestinya mempunyai pertanian yang tangguh sehingga swasembada pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan dapat terwujud. Dalam rangka menghasilkan pelaku-pelaku pertanian yang tangguh sesuai dengan posisi dan peran masing-masing maka diperlukan penyiapan calon pelaku di dunia pertanian yang profesional.  Di samping di bidang pertanian, alumni pertanian juga sudah banyak berkiprah di berbagai sektor seperti enterpreuner diluar bidang pertanian, perbankan, perdagangan dll.  
Dalam rangka penyiapan pelaku pertanian yang tangguh maka diperlukan penyiapan yang lebih awal. Salah satu calon pelaku bidang pertanian adalah mahasiswa Fakutas Pertanian. Mahasiswa disiapkan sedini mungkin dalam merancang masa depannya sesuai dengan minat masing-masing. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembekalan kepada mahasiswa pada fase awal pendidikan. Bahan pembekalan yang diperlukan adalah mengenai lingkung/bidang kerja dan profesionalisme dalam bekerja. Di samping itu, keberhasilan dalam bekerja tidak hanya ditentukan kompetensi bidang ilmu saja namun tergantung pada soft skills, leadership dan attitude.
Profesi yang perlu disosialisasikan kepada mahasiswa adalah profesi sebagai enterpreuner, profesi bidang perkebunan, profesi bidang jasa termasuk perbankan, profesi sebagai pendidik dan peneliti, dan profesi dalam birokrat bidang pertanian. Profesionalisme tentu berkaitan dengan kompetensi, soft skills, attitude, etika dll. yang dibutuhkan sesuai dengan bidang kerja yang akan ditekuni. Di samping itu, alumni akan menjadi pemimpin di masing-masing unit sehingga diperlukan pemupukan rasa nasionalisme dan kebangsaan yang kuat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  • Memupuk rasa nasionalisme dan kebangsaan yang kuat bagi mahasiswa calon pemimpin bangsa
  • Memberikan gambaran peran kompetensi keilmuan, soft skills, leadership dan attitude dalam menunjang keberhasilan berkarir
  • Memberikan gambaran bidang kerja dan profesionalisme  kepada mahasiswa

Peserta
Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 2016/17 (tahun pertama) sebanyak 400 mahasiswa

Rangkaian acara sebagai berikut:


Acara

Pukul

Penanggungjawab

Moderator

Registrasi

07.30-08.00

Panitia

 

Pembukaan/sambutan Dekan

08.00-08.15

Dr. Rudi Hari Murti
Plt. Dekan

 

Nasionalisme dan rasa kebangsaan di Era Globalisasi

08.15-10.15

  • Kolonel Penerb. A Gustav Brugman (Dosen AAU)

Dr. Eko Setyobudi

Peran kompetensi, leadership, dan soft skills dalam menunjang profesionalisme (Tinjauan psikologis)

  • Dr. Maryono  (Fak Psikologi UGM)

Penumbuhan Karakter Enterpreuner (Teori dan pengalaman)

10.15-12.15

  • Ir. Joko Suwondo (Alumni 1970, PT Rabana Chemicals)

 

  Indun Dewi Puspita, S.P, M.Sc.,Ph.D

Kerja Profesional  di bidang Perkebunan (Cakupan bidang kerja, kompetensi, leadership, soft skills, etika, atitude dll)

  • Dr.Ir. Rachmad Gunadi, M.Si (Alumni 1985,

 Dirut PT Pagilaran)

Istirahat

12.15-13.00

Panitia

 

Kerja Profesional di bidang jasa (Cakupan bidang kerja, kompetensi, leadership, soft skills, etika, atitude dll)

13.00-14.00

  • Ir. Firman Wibowo (Alumni 1982, SEVP Bussiness Risk BNI)

Rizky Pasthika, S.P.,M.Sc.

Kerja Profesional  di Pemerintahan/Pemda (Lingkup kerja, kompetensi, leadership, soft skills, etika, atitude dll)

14.00-16.00

  • Ir. Suryo Banendro, M.M. (Alumni 1981, Kadinas Pertanian  Jateng) (dalam konfirmasi)

Desy Utami, M.Sc.

Kerja profesional sebagai  Dosen/Penelitian ((Lingkup kerja, kompetensi, leadership, soft skills, etika, atitude dll)

  • Dr. Bambang Setiadi (Alumni , Dewan Riset Nasional)

 

Kegiatan berjalan dengan lancar dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan. Pada pembukaan ini disampaikan bahwa pembekalan seperti ini dilakukan pada awal kuliah agar mahasiswa mendapatkan gambaran ruang lingkup kerja lulusan pertanian yang cukup luas. Kegiatan dilanjutkan dengan rincian sebagai berikut:
Sesi I dimoderatori oleh  Dr. Eko Setyobudi, S.Pi, M.Si. dengan materi:

  • Peran kompetensi, leadership, dan soft skills dalam menunjang profesionalisme (Tinjauan psikologis disampaikan oleh Dr. Sumaryono, M.Si  (Fak Psikologi UGM). Pemateri memberikan teori tentang keberhasilan dan faktor yang mendukungnya serta diberikan beberapa contoh praktik dari teori yang disampaikan. 
  • Materi Nasionalisme dan rasa kebangsaan di Era Globalisasi disampaikan oleh Kolonel Penerbang  A. Gustav Brugman, M.Si . Inti dari pemateri kedua adalah di jaman globalisasi tanpa batas ini maka karena Indonesia diawal pembentukannya merupakan negara kesatuan RI maka kita sebagai anggota atau warga negara harus mengawalnya. Pengawalan ini dengan cara membentengi diri dengan limar pilar negara yang sekarang disampaikan oleh MPR RI, khususnya Pancasila.

Sesi II dengan moderator Indun Dewi Puspita, S.P, M.Sc.,Ph.D)

  • Ir. Joko Suwondo (Alumni 1970, PT Rabana Chemicals) dengan materi Penumbuhan Karakter Enterpreuner . Pemateri memberikan tip-tips untuk menjadi seorang wirausaha antara lain tidak boleh takut untuk memulai, jeli dalam memilih bidang bisnis, jaringan yang kuat dll. Jika ini akan terbentuk dengan menjalani bukan hanya dengan teori saja. Perlu pengalaman dalam menjalankan bisnis.
  • Dr.Ir. Rachmad Gunadi, M.Si (Alumni 1985, Dirut PT Pagilaran) dengan materi Kerja Profesional  di bidang Perkebunan . Pemateri menyampaikan leadership kaitannya denga pekerjaan di perkebunan. Dalam perkebunan ada kompetisi produk sehingga ketika bekerja di perkebunan harus siap menjadi leader dalam pengembangan produk sehingga perusahaan akan tetapi eksis dan menjadi pelapor dibidangnya.

Sesi III  dengan moderator Rizky Pastika Kirana, S.P, M.Sc)

  • Ir. Abdullah Firman Wibowo , MM. (Alumni 1982, SEVP Bussiness Risk BNI) menyampaikan pengalaman berkarir di bidang Jasa. Materi diawali dengan pemutaran film tentang BNI dan profesioanlisme dalam pelayanan. Dalam sesi  ini disampaikan bahwa karir ditentukan oleh kemampuan soft skills dan juga kemampuan akademik dalam pengembangan keilmuan untuk menjadi pimpinan. Prinsipnya setiap akan berkarir harus siap mengembangkan diri baik jalur sekolah maupun dengan pelatihan-pelatihan.

Sesi IV dimoderator Desy Utami, S.P., M.Sc.

  • Ir. Suryo Banendro, M.M. (Alumni 1981, Kadinas Pertanian  Jateng) dengan materi Kerja Profesional  di Pemerintahan/Pemda. Pemateri menyampaikan perlunya kerja keras, cerdas dan komitmen yang tinggi. Hal ini dicontohkan pemateri selama berkarir sebagai birokrat dalam memenuhi target yang telah ditetapkan institusi atau atasan.
  • Dr. Bambang Setiadi (Alumni  DRN) dengan materi Kerja profesional sebagai  Dosen/Penelitian. Pemateri menyampaikan bahwa keingintahuan seorang peneliti haruslah tinggi dan penelitian yang dilakukan mestinya berorientasi ke produk atau teknologi yang siap diaplikasikan ke lapangan. Namun teori yang mendasari juga sangat penting dipelajari sebelum mendapatkan pengalaman atau teori baru dari hasil-hasil penelitian.

Pelatihan sepanjang hari tersebut telah berjalan dengan baik dan diikuti oleh mahasiswa angkatan 2016 sejumlah kurang lebih 400 orang.

Kesimpulan

  • Kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan rencana
  • Kegiatan ini dirasakan mahasiswa sangat bermanfaat dalam memberi gambaran karir di masa depan 

 

 

RILIS BERITA