Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

APLIKASI PETANI KERJASAMA FAKULTAS PERTANIAN UGM – 8VILLAGES DILUNCURKAN OLEH PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM ACARA SINERGI AKSI UNTUK EKONOMI RAKYAT

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
15
Apr
2016

 

 

 

 

Fakultas Pertaian UGM menerima undangan DARI Menteri Koordinator  Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk menghadiri Pencanangan “ Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat” Oleh Presiden Republik Indonesia di Brebes pada hari Senin 11 April 2016.
Fakultas diundang dalam acara tersebut karena aplikasi Petani Apps kerjasama Fakultas Pertanian UGM dan 8villages terpilih sebagai salah satu dari lima aplikasi yang dimaksudkan untuk membantu patani dan nelayan. Program Sinergi untuk ekonomi rakyat adalah program pemerintah yang bertujuan mengentaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan ekonomi . Dalam program ini permasalahan kemiskinan dan kesenjangan pendapatan akan diselesaikan dengan pendekatan multidimensional antara lain dengan 1) mendorong petani/nelayan untuk memilikis ertifikat tanah, memberikan akses dan kemudahan bagi petani/nelayan untuk dapat megakses produk jasa dari lembaga keuangan, mendayagunakan pelayanan digital untuk mendorong pemasaran produk pertanian/perikaan dan mencarikan cara agar produk petani/nelayan dapat dijual pada lokasi yang dapat diakses konsumen dengan mudah, juga sampai ke konsumen dengan mudah melalui system logistic dan transportasi yang baik.
Program ini dilaksanakan dibawah koordinasi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dengan melibatkan banyak kementerian, yakni Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian Koperasi dan UKM), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Acara pencanangan oleh Presiden Joko Widodo dihadiri oleh lebih dari 10 menteri cabinet Kerja, Gubernur Jawa Tengah, Dirjen, Bupati dan DPRD se jawa Tengah, petani dan nelayan.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi sangat tertarik terhadap aplikasi Petani Apps dan singgah di stand pameran Petani Apps.

 

RILIS BERITA