Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

WORKSHOP AGRIPRENEURSHIP EDUCATION PROGRAM (AEP)

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
4
Mar
2016

Pada hari Sabtu, 27 Februari 2016, Fakultas Pertanian UGM bersama dengan Kagama Pertanian dan Agrigama Buseness Club menyelenggarakan   WORKSHOP I Agripreneurship Education Program (AEP).

Program Pendidikan Kewirausahaan Pertanian (Agripreneurship Education Program AEP) Fakultas Pertanian UGM merupakan program pendidikan yang komprehensif, yang terdiri atas dua sub-program besar, yaitu: pengembangan kewirausahaan (entrepreneur development) dan pengembangan usaha (entreprise development).

LATAR BELAKANG PROGRAM

  • Pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat suatu negara sangat ditentukan oleh peran para pewirausaha (entrepreneurs). Pewirausaha berperan dalam penyediaan lapangan kerja dan pendorong pertumbuhan perekonomian nasional.
  • Peluang yang sangat terbuka lebar untuk berwiraswasta dan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat pertanian bagi lulusan Fakultas Pertanian, terutama usaha-usaha disektor pertanian (agribisnis).
  • Fakultas Pertanian UGM  belum memiliki program pendidikan dasar  kewirausahaan (entrepreneurship) yang komprehensif yang melibatkan mitra pendidikan dari kalangan praktisi.
  • Fakultas Pertanian dan Universitas Gadjah Mada University (UGM) memiliki komitmen untuk mendorong pertumbuhan jumlah pewirausaha mencapai 15-20% dari lulusan mahasiswa.

TUJUAN PROGRAM

  • Membangun kemampuan (competency set) kewirausahaan mahasiswa dibidang usaha pertanian (agribisnis), UGM dan memperbesar kelompok calon pewirausaha yang potensial (expand the pool of potential future entrepreneurs) bagi bangsa Indonesia.
  • Mempercepat pertumbuhan jumlah pewirausaha Indonesia secara terlembaga (structured), terutama yang berasal dari kalangan perguruan tinggi.
  • Membangun / meningkatkan daya saing (competitive advantage) Fakultas Pertanian dan Universitas Gadjah Mada dalam menanggapi perubahan dan perkembangan pendidikan, serta perubahan / permintaan pasar / dunia usaha yang sangat dinamis.

 KEPERSERTAAN / KETERLIBATAN

  • Program ini dirancang untuk para mahasiwa Fakultas Pertanian, UGM semua jurusan yang berminat membangun usaha baru (start up a new business) dengan kriteria telah menyelesaikan pendidikan semester IV dan lulus seleksi penerimaaan Program Pendidikan Kewirausahaan Pertanian (Agripreneurship Education Program AEP).
  • Program ini dikelola oleh Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, UGM dan melibatkan unsur alumni yang tergabung dalam Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), terutama yang berprofesi sebagai pewirausaha (Agrigama Business Club -ABC).
  • Melibatkan perusahaan-perusahaan / pewirausaha dibidang pertanian (agribisnis) yang bersedia sebagai tempat kegiatan magang (internship) bagi peserta didik sesuai dengan kurikulum dan ketentuan / kesepakatan atau berminat bermitra dengan peserta didik dalam mengembangkan bisnis bersama (joint venture antara perusahaan dan peserta didik).Program akan mulai dijalankan pada Semester I 2016-2017. Untuk Semester II 2015-1026 ini akan dilakukan sosialisasi, promosi, rekruitmen, se eksi, peluncuran, kuliah umum dll.

 

 

 

 

 

 

RILIS BERITA