Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

JUARA I LOMBA KARYA TULIS NASIONAL “LIMBAH PERTANIAN DAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN PAPAN BERKUALITAS TINGGI”

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
13
Jan
2015

Satu lagi prestasi ditorehkan mahasiswa UGM di tingkat nasional. Tim  Gabungan  dari Fakultas Pertanian (FPN) dan Fakultas Kehutanan (FKT) UGM berhasil mengharumkan nama universitas setelah sukses meraih juara I pada lomba karya tulis ilmiah  yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Sultas Ageng Tirtayasa, pada tanggal 26 November 2014. Tim UGM yang yang diketuai oleh Endri Geovani (FPN)  dan beranggotakan Qurrota A’yun (FPN) dan Waritsa Nur Fadhillah (FKT) yang berhasil menyisihkan 50 tim dari sejumlah perguruan tinggi se-Jawa dan se-Sumatra.

Endri Geovani sebagai ketua tim saat ditemui di kampus FPN UGM , Senin (1/12) menuturkan tim UGM berhasil menjadi jawara setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam babak penyisihan yang diikuti 50 tim dari sejumlah universitas di Indonesia. Dari 50 Abstrak yang masuk selanjutnya diseleksi menjadi 12 abstrak dan lalu kemudian  maju kebabak selanjutnya  yaitu  penyeleksian naskah sebelum untuk maju di babak final.
Dalam lomba yang di adakan oleh Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  mengangkat tema "Eco-Friendly Consept to Solve Indonesia Waste Problem", tim UGM mengirimkan karya tulis mengenai Konsep Pemanfaatan dan Pontensi Limbah Pertanian Singkong di Provinsi Lampung dan Limbah Plastik untuk dijadikan papan rekayasa yang berkualitas tinggi. Karya tulis tersebut berhasil masuk  kebabak final dan dipresentasikan bersama dengan sembilan delegasi lainnya dari sejumlah universitas di Indonesia.
Dari 12 naskah tersebut terseleksi 10 karya yang berasal dari 1 tim FT Universitas Diponegoro, 1 tim  dari Institut  Teknologi Bandung, 1 tim dari Universita Jendral Achmad Yani, 1 tim dari FT Universitas Lampung, 1 tim dari FT Universitas Brawijaya , 1 tim dari Universitas Pamulang, 2 tim dari Universitas Medan,1 tim dari tuan rumah sendiri yaitu FT Universitas Sultal Ageng Tirtayasa dan tim kami sendiri, urainya.

Lebih lanjut diceritakan mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian angkatan 2012 ini, setelah lolos di babak penyisihan 10 finalis diharuskan melakukan presentasi dihadapan dewan juri yang terdiri dari 2 dewan juri dari teknisi, 1 juri dari dinas pemerintahan dan 1 juri dari akademisi pada saat babak final. Dan saat pengumuman pemenang, tim UGM dinyatakan sebagai jawara dalam kompetisi ini mengungguli tim tim dari Institut Tekologi Bandung yang harus puas berada diposisi dua dan tim FT Universitas Lampung urutan ketiga.

Dengan kemenangan yang telah diraih diharapkan mampu mendorong mahasiswa FPN UGM untuk bisa memupuk prestasi yang membanggakan nama fakultas dan universitas. Semoga dengan diraihnya prestasi ini menjadi penyemangat untuk menjaga nama almamater fakultas dan universitas agar senantiasa harum dengan intelektual dan prestasi, harapnya.

RILIS BERITA