Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

KARYA TULIS MAHASISWA PERTANIAN UGM

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
31
Des
2014

Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI) setiap 2 tahun sekali mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Lomba yang diselenggarakan berpindah-pindah tempat penyelenggaraan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, UGM menjadi tuan rumah acara LKTI POPMASEPI 2014. Acara tersebut menjadi salah satu dari sekian rangkaian acara DIES POPMASEPI dan KMSEP 2014 yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (KMSEP) UGM.
Perwakilan dari UGM berhasil menjadi juara I LKTI. Tim terdiri dari 3 mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Yaitu:

  1. GAGAR MEWASDINTA                    (10/300467/PN/12044)
  2. DERRY CANDIA APRIAWAN         (10/296900/PN/11900)
  3. EKA WARDANA                                (10/300228/PN/11994)

Tim UGM mengangkat judul mengenai “ Collective Farming Berbasis Kelembagaan Pasar Lelang sebagai Strategi dalam Menghadapi ASEAN Economic Chalenge (AEC) 2015.” Untuk menghadapi AEC, tim UGM menganggap bahwa perlu adanya suatu pertanian yang bersifat kolektif dari masyarakat. Kelemahan mengenai lahan yang sempit perlu diatasi dengan cara kolektifitas dalam diri masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi. Menurut hasil LKTI tim UGM, adanya kesepakatan secara kolektif dapat dicontoh dari adanya pasar lelang di masyarakat pesisir daerah Kabupaten Kulon Progo. Mereka dapat melaksanakan Collective Farmingsehingga produksi cabai dapat meningkat dan dapat memasarkan hasil bersama melalui pasar lelang karena waktu tanam yang disepakati serentak. Hal ini merupakan kekuatan tersendiri bagi petani dalam menghadapi AEC. Permintaan barang yang unggul kualitas dan memiliki banyak kuantitas dapat dicukupi dari adannya sistem pertanian kolektif atau Collective Farming.

RILIS BERITA