Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

KARYA TULIS MAHASISWA PERTANIAN UGM DALAM PIMPI IPB 2014

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
31
Des
2014

Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertanian Indonesia adalah event karya tulis ilmiah yang diselenggarakan tiap tahun di IPB. Tahun 2014 ini, UGM meloloskan 1 wakilnya pada 15 besar finalis dari total 75 karya tim lainnya. UGM yang diwakili oleh:

1. Bintang Soma Perdana (10/300234/PN/11995)
2. Yuhan Farah Maulida(10/302472/PN/12162)
3. Gagar Mewasdinta (10/300467/PN/12044)

Ketiga orang tersebut merupakan mahasiswa tingkat akhir Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.  Total ada 3 tema yang dilombakan. Tema yang diambil oleh tim UGM adalah pada Strategi Peningkatan Ekonomi dan Kebijakan dalam Pertanian.
Tim dari UGM berhasil lolos sebagai juara I PIMPI IPB 2014 pada Tema 2 mengenai Strategi Peningkatan Ekonomi dan Kebijakan dalam Pertanian. Tim UGM mengangkat judul mengenai “Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelembagaan Pasar Lelang”. Pembahasan pada karya tulis tersebut menitikberatkan pada kekuatan masyarakat dalam menata kelembagaan pasar lelang secara bottom up sehingga dapat memotong rantai pemasaran tengkulak dan dapat mensejahterakan petani lahan pasir pantai di Kecamatan Panjatan. Pembahasan mengenai kelembagaan pasar lelang untuk meningkatkan bargaining position petani dibuktikan berdasarkan data indeks monopoli (Kuntadi dan Jamhari, 2012). Adanya peningkatan ekonomi masyarakat dari inisiasi kelompok tani atau masyarakat sekitar hendaknya perlu didukung oleh pemerintah. Pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari keinginan sendiri (dirintis oleh masyarakat) hasilnya akan lebih baik karena mereka mempunyai rasa kepemilikan dan perjuangan pada suatu kesepakatan/ program yang dijalankan bersama.

RILIS BERITA