Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

WORKSHOP PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG RUMAH PINTAR PETANI 18 SEPTEMBER 2014

Written by Admin. Posted in Rilis, Faculty
23
Sep
2014

Fakultas Pertanian UGM dan 8villages Indonesia berinisiasi untuk melengkapi model penyuluhan LAKU dengan model Penyuluhan PIKAT (Pendampingan Melekat) melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis web dan SMS yang selanjutnya disebut LAKU PIKAT. Penerapan model penyuluhan PIKAT ditujukan untuk mempercepat pertukaran informasi antara penyuluh dan petani serta para pakar pertanian baik di Perguruan Tinggi maupun lembaga penelitian yang lain. Gagasan ini selanjutnya didukung sepenuhnya oleh PT. XL AxiataTbk, karena XL melihat bahwa dengan adanya Teknologi Informasi di bidang pertanian ini, akan mendukung terwujudnya kedaulatan pangan nasional serta tak kalah menariknya bahwa dengan adanya Teknologi Informasi ini akan menarik minat generasi muda untuk terjun ke dunia pertanian untuk membangun pertanian di Indonesia.
Secara teknis caranya adalah para penyuluh yang sudah ditraining oleh pakar dari Fakultas Pertanian UGM, akan mengajak para petani binaannya untuk bergabung dalam komunitas Rumah Pintar Petani (RPP), dengan mengetik IKUTI (spasi ) RPP (spasi)  nomerponsel XL  dan dikirim ke 2000, para petani secara gratis akan langsung terdaftar dalam program  Rumah Para Petani (RPP) dan dapat berinteraksi kapan pun  dengan para penyuluh melalui akses SMS  dan web. Informasi yang dapat diakses    antara lain; daerah yang sedang mengalami masalah pertanian dan solusinya, serta berbagai informasi yang dapat mendukung aktifitas pertanian lainnya. Harapannya adalah semakin banyak petani yang mendapatkan akses informasi secara mudah maka produktifitas dan taraf hidup para petani akan meningkat. Workshop tentang teknologi informasi yang berkaitan dengan hal tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 18 September 2014 di Fakultas Pertanian yang dihadiri oleh 30 instansi terkait dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah, Bakorluh Jawa Tengah, dinas pertanian di delapan kabupaten di Jawa Tengah, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, dan wakil dari dipertan di  empat kabupaten DIY serta wakil-wakil dosen jurusan di lingkungan Fakultas Pertanian UGM.
Pemberi materi workshop adalah Ir. Anita Hesti, M.M dan Luky Ramdhani dari 8village. Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian UGM Dr. Jamhari, S.P, M.P dan dikawal Wakil Dekan P2MK Dr.Ir. Sri Nuryani H.U, M.Sc

RILIS BERITA