Tentang UGM
Portal Akademika UGM
IT Center
Perpustakaan UGM
LPPM
Webmail UGM
Webmail Faperta
Bahasa Indonesia
English

LAUNCHING RUMAH PINTAR PETANI RPP JAWA TENGAH OLEH GUBERNUR GANJAR PRANOWO DI KARANGANYAR

Written by Admin. Posted in News, Faculty
04
Juli
2014

Dalam rangka kerja sama antara Fakultas Pertaian UGM dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membangun pertanian di Jawa Tengah melalui program Rumah Pintar Petani (RPP), maka pada hari Minggu, 4 Mei 2014 dilaksanakan Launching  RPP oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Acara ini dilaksanakan di Gapoktan Sari Rejeki, Desa Pulosari, Desa Kebakkramat, Karanganyar. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan, Direktur Bulog, Bupati Karanganyar, Kepala Bakorluh Jawa Tengah dll.  Rombongan Fakultas Pertanian yang menghadiri acara ini adalah Dr. Ir. Sri Nuryani Hidayah Utami, M.P., M.Sc. ( Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, M.Sc., Dr. Alim Isnansetyo, M.Sc., Dr. Subejo, S.P., M.P. dan perwakilan dari 8Village, Anita Hesti, S.Pi., M.M.  Para penyuluh dan berbagai kelompok tani juga berpartisipasi aktif dalam acara ini.

Acara diawali dengan penanaman padi menggunakan mesin transplanter, kemudian dilanjutkan dengan launching RPP. Fakultas pertanian merupakan salah satu penggagas RPP ini. Launching dilaksanakan oleh Gubernur Jawa Tengah dengan membuka selubung papan nama (Gambar 1). Selanjutnya dilaksanakan peninjauan Gapoktan Sari Rejeki dan diskusi/ramah tamah dengan petani/kelompok tani (Gambar 2-3).  Fakultas pertanian juga merupakan penggagas Cyber Extension bersama dengan 8Village. Cyber extension merupakan kegiatan penyuluhan kepada petani berbasis SMS (Short Message Service).  Dalam acara ini juga dilakukan pengenalan CybEx tersebut langsung kepada para petani dan penyuluh (Gambar 4-6).

Gambar 1. Launching Rumah Pintar Petani oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gambar 2. Peninjauan Gapoktan Sari Rejeki oleh Gubernur Jawa Tengah didampingi oleh Wamen Kementan, Bupati Karanganyar dan Kepala Dinas Pertanian Jateng.

Gambar 3. Diskusi dan ramah tamah anatara Gubernur Jawa Tengah, penyuluh dan petani

Gambar 4. Kata Pengantar oleh Wadek Bidang Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian dalam rangka pengenalan CybEx

Gambar 5. Penjelasan tentang CybEx oleh Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyadmojo, M.Sc.

Gambar 6. Para Petani/Kelompok tani dan Penyuluh menyimak dalam acara demo CybEx.